Edukasi
No 2 (2010): Edukasi

MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN AREA DI TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU BERTANYA DIVERGEN ( Studi Pada Taman Kanak-Kanak di Kota Semarang )

Latiana, Lita ( Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)
Mukminin, Amirul ( Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)
D H., Sri Sulastri ( Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2011

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mengetahui bagaimanakah kualitas pembelajaran dengan pendekatan area di TK melalui pengembangan kemampuan guru bertanya divergen dan kendala/hambatan yang dihadapi guru ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi yang akurat tentang kualitas pembelajaran dengan pendekatan area di TK melalui kemampuan guru bertanya divergen kepada pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan mendapatkan informasi mengenai kendala/hambatan yang dihadapi guru maupun sekolah dalam pembelajaran. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadikan masukan guna perbaikan metode pembelajaran dengan pendekatan area. Penelitian ini menyimpulkan pertama, pembelajaran dengan pendekatan area melalui kemampuan guru bertanya divergen dapat meningkat kualitas dan efektifitas pembelajaran di TK, yang mana kreatif, ekspresif, bisa cepat bersosialisasi dengan teman satu kelas, produktivitas dan motivasi dalam belajar siswa lebih baik dibanding siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran area tanpa disertai kemampuan guru bertanya divergen. Motivasi, semangat, produktivitas, kedisiplinan, pertumbuhan, kepuasan dan metode guru dalam mengajar juga sangat baik walaupun telah mencukupi untuk keterlaksanaan pembelajaran srana prasarana masih harus ditambah dari segi jumlah. Kedua, yang menjadi hambatan adalah penguasaan tentang pengelolaan, pemanfaatan sarana prasarana dalam mengajukan pertanyaan divergen kepada siswa masih kurang, monitoring dan supervisi rutin juga masih perlu ditingkatkan.Kata Kunci: kualitas pembelajaran; pendekatan area; bertannya devergen

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi [p-ISSN 0852-0240] is a well-known and respected periodical that reaches an international audience of educators and others concerned with cutting-edge theories and proposals. The journal is an invaluable resource for teachers, counselors, supervisors, administrators, curriculum planners, and ...