Jurnal Ilmiah pesona PAUD
Vol 5, No 2 (2018)

POLA ASUH AUTORITATIF GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA HATI PAUH KOTA PADANG

Izzati, Izzati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pola asuh yang diterpkan guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak Permata Hati, Pauh, Padang. Pola asuh yang dikaji adalah pola asuh autoritatif, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi tertulis. Informan penelitian terdiri dari dua, yaitu informan kunci adalah guru kelas Nn dan informan pendukung yaitu guru-guru Taman Kanak-kanak Permata Hati Padang yang berjumlah lima orang Data dianalisis melalui reduksi data yakni merangkum data yang didalamnya terdapat proses dan pernataan-pernyataan yang dibutuhkan dalam tujuan penelitian yang telah ditetapkan, display data yakni paparan naratif yang menggambarkan pola asuh guru dalam proses pembelajaran serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh autoritatif digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran hal ini terlihat dari sikap guru dalam proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada anak, hangat, mendorong anak untuk mandiri, memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang dan hubungan antara anak didik dan guru sangat akrab.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department ...