Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013

Ekstrapolasi Konsep Bhinneka Tunggal Ika sebagai Doktrin Politik Kerajaan dalam Ranah Pendidikan

Farisi, Mohammad Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2014

Abstract

Bhinneka Tunggal Ika adalah sebuah produk politik kerajaan/negara untuk membangun toleransi kehidupan beragama. Artikel ini menganalisis dan mendeskripsikan tentang pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam buku-buku teks Ilmu Pengetahuan So-sial Sekolah Dasar (IPS SD). Analisis menggunakan metode kualitatif interpretif yang menfokus-kan pada analisis isi “narasi-narasi tekstual” di dalam enam buku teks elektronik IPS SD kelas I-VI SD/MI yang telah dinilai dan ditetapkan kelayakannya oleh BSNP-Kemendikbud sebagai buku pegangan siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa buku-buku teks IPS SD telah melakukan eks-trapolasi konseptual dan fungsional tentang Bhinneka Tunggal Ika pada aspek sosial, ekonomi, bu-daya, dan seni di dalam kehidupan personal, keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, dan negara-bangsa. Ia juga mampu mengubahnya dari sebuah doktrin politik kerajaan/kenegaraan menjadi se-buah doktrin pendidikan; dan dari konsep ‘ideologis’ untuk kepentingan dan tujuan politik kera-jaan/kenegaraan, menjadi konsep ‘pedagogis’ untuk kepentingan dan tujuan pendidikan kewarga-negaraan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs ...