Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan resource dan activity portal e-learning Edutech Smart yang layak dilihat dari aspek pembelajaran, isi/materi, tampilan, dan pemrograman dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran pada mata kuliah media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi dari langkah-langkah pe-nelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall, desain pembelajaran Dick & Carey, desain e-learning Surjono, dan desain evaluasi produk Sadiman, dkk. Subjek coba pada ta-hap evaluasi adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Univer-sitas Pendidikan Ganesha yang masing masing berjumlah 12 dan 46 orang. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa portal e-learning tergolong pada kategori sangat baik dari aspek pembelajaran, isi/materi, tampilan, maupun aspek pemrograman sehingga layak digunakan sebagai sumber bela-jar. Implementasi e-learning Edutech Smart ini juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata kuliah media pembelajaran pada mahasiswa. Kata-kata Kunci: e-learning, efektivitas pembelajaran, media pembelajaran
Copyrights © 2013