Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 27, No 1 (2010)

PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IA SMA IBU KARTINI SEMARANG DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING

Wijayanti, Putri Agus (Unknown)
Juariyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2011

Abstract

Pada penelitian ini masalah yang dibahas adalah (1) apakah dengan metode cooperative learning model STAD dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010; (2) bagaimana respon siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010 terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode cooperative learning model STAD? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya metode cooperative learning model STAD meningkatkan minat dan keaktifan siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010 dalam pembelajaran sejarah, dan respon siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010 terhadap pembelajaran sejarah. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010, guru mata pelajaran sejarah SMA Ibu Kartini, dan tim peneliti sebagai konsultas. Penelitian dilakukan dalam 2 (dua) siklus, dan proses pembelajaran yang diteliti pada setiap silus meliputi perencaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan keaktifan siswa kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang tahun 2009/2010 dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode cooperative learning model STAD mengalami peningkatan, dari 22,50% pada pra siklus menjadi 69,91% pada sikulus 1 dan 80,00% pada siklus 2. Demikian pula untuk respon siswa, pembelajaran Sejarah di kelas XI IA 1 SMA Ibu Kartini Semarang dengan metode Cooperative Learning direspon positif oleh sebagian besar siswa.Kata Kunci: pembelajaran sejarah, metode Cooperative Learning, SMA Ibu Kartini

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...