E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 2 No 9 (2013)

HUBUNGAN VARIABEL DEMOGRAFI DENGAN RESPON KONSUMEN TERHADAP IKLAN PRODUK KOPI MEREK TOP COFFEE DI KOTA DENPASAR

Hamzan Wadi (Fakultas Ekonomi Universitas Udayana)
Gede Bayu Rahanatha (Fakultas Ekonomi Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2013

Abstract

Wings Food adalah perusahaan yang sedang gencar melakukan periklanan untuk memperkenalkan produk baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan variabel demografi (usia, pendapatan, jenis kelamin dan pendidikan) dengan respon konsumen terhadap iklan produk kopi merek TOP Coffee di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 120 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan chi square analysis. Analisis menunjukkan variabel demografi (usia, pendapatan, jenis kelamin dan pendidikan) memiliki hubungan yang signifikan dengan respon konsumen. Artinya, semakin tinggi usia responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik, semakin rendah pendapatan responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik, jenis kelamin laki-laki memiliki respon konsumen yang lebih baik dibandingkan jenis kelamin perempuan dan semakin rendah tingkat pendidikan responden akan memiliki respon konsumen yang semakin baik. Kata kunci : variabel demografi, respon konsumen, periklanan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...