E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 8 No 11 (2019)

PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP NIAT BELI

Bernartdictus Fandinata Candra (Universitas Udayana)
Gede Suparna (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Transportasi telah menjadi bagian penting bagi kehidupan masyarakat saat ini. Salah satu produsen sepeda motor yang memiliki brand image yang kuat adalah Yamaha. Yamaha Lexi merupakan produk baru yang sering mendapat review dari masyarakat baik di media sosial maupun internet, review tersebut tentunya dapat mempengaruhi niat beli konsumen yang akan membeli sepeda motor Yamaha Lexi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan electronic word of mouth dengan brand image, electronic word of mouth dengan niat beli, brand image dengan niat beli, serta peran brand image dalam memediasi hubungan electronic word of mouth dengan niat beli. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 108 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) serta uji sobel. Hasil penelitian menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel electronic word of mouth danbrand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, selain itu brand image secara signifikan memediasi hubungan electronic word of mouth dengan niat beli. Kata Kunci : electronic word of mouth; brand image; niat beli

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...