PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya
Vol 8, No 15 (2013)

ENHANCING THE STUDENTS’ READING ABILITY THROUGH ICT-BASED READING MATERIALS

Arimbawa, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca (baik membaca pemahaman maupun membaca nyaring) siswa SMP Kelas VIII A di SMPN 1 Kubutambahan melalui materi bacaan berbasis TIK. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model siklus Penelitian Tindakan dari Kemmis & Taggart (1988) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara dan tes membaca serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi bacaan berbasis TIK bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan baik kemampuan membaca pemahaman maupun kemampuan membaca nyaring.Kata kunci: kemampuan membaca, materi bacaan berbasis TIK.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

PRASI

Publisher

Subject

Education

Description

PRASI: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya is a scientific open-access, peer-reviewed bilingual journal published by the Faculty of Language and Art, Universitas Pendidikan Ganesha. PRASI is a fully refereed academic research journal that aims to spread original, theoretical and practical ...