E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 5 No 8 (2016)

GREENWASHING: KONSEKUENSINYA PADA KONSUMEN (STUDI KASUS PADA COCA-COLA DENGAN KEMASAN PLANTBOTTLE)

Ni Putu Susiari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)
Gede Suparna (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh greenwashing terhadap green consumer confusion, green perceived risk dan green trust Coca-Cola dengan kemasan PlantBottle. Penelitian ini dilakukan di FEB UNUD pada mahasiswa yang mengetahui informasi tentang Coca-Cola dengan kemasan PlantBottle, sampel yang diambil sebanyak 105 orang menggunakan metode non-probability sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 21 indikator. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa greenwashing berpengaruh signifikan dan positif terhadap green consumer confusion dan green perceived risk. Sementara greenwashing, green consumer confusion dan green perceived risk berpengaruh signifikan dan negatif terhadap green trust. Ruang lingkup penelitian terbatas pada FEB UNUD saja, serta jumlah populasi dan sampel masih tergolong kecil, sehingga penelitian selanjutnya sebaiknya menambah jumlah sampel serta memperluas ruang lingkup penelitian.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...