Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 18 No 1 (2018): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

Keefektifan Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas X SMK Islam Inayah

Elda Martha Suri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berwirausaha siswa kelas X SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau. Populasi penelitian sebanyak 130 siswa kelas X SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau. Teknik sampling yang digunakan adalah porposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologis dan dianalisis secara kuantitatif dengan uji t sampel berkorelasi dan uji t sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berwirausaha kelompok eksperimen menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0%, motivasi berwirausaha tinggi 43,75%, motivasi berwirausaha sedang 25%, motivasi berwirausaha rendah 25%, dan motivasi berwirausaha sangat rendah 6,25% Sedangkan kelompok kontrol menunjukkan motivasi berwirausaha sangat tinggi 0%, motivasi berwirausaha tinggi 37,5%, motivasi berwirausaha sedang 25%, motivasi berwirausaha rendah 25%, dan motivasi sangat rendah 12,5%. Motivasi berwirausaha pada kelompok eksperimen hasil pre-test lebih rendah dibanding dengan hasil post-test yang menunjukkan skor tertinggi ada selisih 25, skor terendah selisih 9 untuk pre-test lebih rendah, skor mean ada selisih 22,06 untuk sebelum perlakuan lebih rendah. Data tentang motivasi berwirausaha pada kelompok kontrol hasil pre-test lebih rendah dibanding dengan hasil post-test yang menunjukkan skor tertinggi ada selisih 3 untuk pre-test lebih rendah, skor terendah selisih 2 untuk pre-test lebih rendah, skor mean ada selisih 1,69 untuk sesudah post-test lebih rendah. Saran untuk SMK Islam Inayah, Ujung Batu Rokan Hulu, Riau hendaknya menambah fasilitas pendukung layanan bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi berwirausaha. Sehingga, siswa dapat mempunyai pemahaman yang luas terhadap motivasi berwirausaha.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...