Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 17 No 2 (2017): Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas IV SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran 2016/2017

Mardiyah Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang digunakan oleh guru masih monoton sehingga hasil belajarnya masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Belajar) yang telah ditetapkan yaitu 80. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas 1V.C SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran (2016/2017). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang siswa. Data awal dari penelitian ini adalah materi pembelajaran sebelum tindakan dengan hasil siswa yang mencapai nilai ketuntasan berjumlah 7 orang atau 28% meningkat pada siklus I sebanyak 14 orang atau 56%. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu sebanyak 23 orang atau 92%. Dari penelitian ini juga diperoleh informasi bahwa siswa akan semakin aktif dalam pembelajaran. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa memperoleh 71,11% dengan kategori baik dan rata-rata siklus II menjadi 94,45% dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru juga semakin baik, pada pertemuan pertama siklus I jumlah skor aktivitas guru adalah 49 (65,33%) meningkat menjadi 58 (77,33%) pada pertemuan kedua. Kemudian meningkat lagi menjadi 67 (89,33%) pada siklus II pertemuan pertama dan terakhir 75 (100%) pada pertemuan kedua Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar PAI siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education

Description

The field of education that is the main focus of this journal is the Administration of Education, Guidance and Counseling, Educational Technology, Elementary School Teacher Education, Early Childhood Education Teacher Education, Extraordinary Education, Outside School Education. The main focus ...