MOTION : Jurnal Riset Physical Education
Vol 7 No 1 (2016): Motion: Jurnal Research Physical Education

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS BOLAVOLI DENGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BOLA MODIFIKASI

Laksana, Anak Agung Ngurah Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pasing atas bolavoli pada siswa Kelas VII E SMPN 1 Sukasada dengan menerapkan model pembelajaran bola modifikasi. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VII E SMPN 1 Sukasada , tahun akademik 2014/2015 sebanyak 34 siswa , terdiri dari 34 siswa (13 perempuan dan 21 anak laki-laki). Teknik pengumpulan data adalah observasi dan penilaian hasil belajar pasing atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media bola modifikasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar pasing atas bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II . Rata- rata hasil belajar dari pra siklus adalah 77 . Pada siklus I , rata-rata hasil belajar siswa adalah 81 , Pada siklus II , rata-rata hasil belajar siswa adalah 85. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran bola modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar pasing atas bolavoli pada siswa kelas VII E SMPN 1 Sukasada.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

motion

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Motion adalah jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan non penelitian tentang berbagai aspek olahraga, seperti pendidikan jasmani, psikologi olahraga, fisiologi olahraga, kepelatihan olahraga, biomekanika, anatomi, gizi olahraga, olahraga usia dini, pemandauan bakat, dan interdisipliner ...