Jurnal Anestesiologi Indonesia
Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Anestesiologi Indonesia

Pengaruh Induksi dengan Propofol dan Etomidat Terhadap Kadar Gula Darah

Johan Eduard Bernardus (Unknown)
Witjaksono Witjaksono (Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro/ RSUP Dr. Kariadi Semarang)
Soenarjo Soenarjo (Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro/ RSUP Dr. Kariadi Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2011

Abstract

Latar belakang: Etomidat memiliki keunggulan karakteristik berupa keamanan dari segi hemodinamik, respirasi, maupun neuroproteksi, akan tetapi efeknya terhadap fungsi adrenal, kortisol dan menurunkan kadar gula darah menjadikan penggunanya terbatas. Tujuan: Membuktikan adanya perbedaan pengaruh pemberian propofol 2,5 mg/kgBB intravena dan etomidat 0,2 mg/kgBB intravena terhadap penurunan kadar gula darah.  Metode: Penelitian ini menggunakan desain Randomized Clinical Control Trial pada 38 pasien yang menjalani anastesi umum, dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan (n=19), etomidat dan propofol. Masing-masing kelompok diperiksa kadar gula darah sebelum induksi,2 dan 8 jam setelah induksi. Uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk membandingkan kadar gula darah pada masing-masing kelompok sedangkan uji statistik Mann Whitney U Test digunakan untuk membandingkan antar kelompok perlakuan.  Hasil: Terdapat perbedaan bermakna kadar gula darah sebelum dan 2 jam pasca induksi pada kelompok etomidat (122,42+4,98 vs 78,73+4,56), tetapi tidak pada 8 jam pasca induksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurangan dosis etomidat sampai 0,2 mg/kgBB masih menurunkan kadar gula secara signifikan sampai < 8 jam pasca induksi. Pada kelompok propofol terdapat peningkatan bermakna kadar gula darah 2 jam pasca induksi (P=0,000). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa propofol tidak memiliki efek menurunkan kadar gula darah. Kesimpulan: Pemberian etomidat 0,2 mg/kgBB menurunkan sintesis gula darah pada 2 jam pasca induksi namun kembali normal 8 jam pasca induksi. Pemberian propofol 2,5 mg/kgBB tidak menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JAI

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Anestesiologi Indonesia (JAI) diterbitkan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif (PERDATIN) dan dikelola oleh Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis ...