JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK
Vol 5, No 67 (2019)

ASPEK TANGIBLE PADA PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PEMBANTU DI DESA LALUMPE KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN

BELLA, JELSI NOVITA (Unknown)
OGOTAN, MARTHA (Unknown)
LONDA, VERY (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan aspek tangible pada pelayanan kesehatan masyarakat diPuskesmas Pembantu di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Metodepenelitian yang digunakan adalah desain deskriptif analisa kualitatif dengan langkah-langkah analisis,yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitianyang menggunakan indikator fasilitas fisik, peralatan medis, dan petugas menunjukan bahwa belummemadai. Fasilitas fisik bangunan seperti gedung, ruang tunggu, ruang rawat inap, media informasi danlokasi kurang memadai, peralatan medis yang kurang membantu dalam pelayanan, adapun peralatanyang kurang lengkap seperti bidan kit dan tempat pemeriksaan, serta keterbatasan tenaga kesehatan,dimana hanya ada satu yaitu seorang bidan, yang juga sementara di berdayakan di puskesmas kecamatanuntuk dinas sore dan malam yang membuat pelayanannya di Puskesmas Pembantu menjadi terganggu,membuat pelayanan kesehatan masyarakat dari aspek tangible belum baik. Jadi melakukan perbaikanfisik bangunan, menyediakan peralatan medis yang susuai standar puskesmas pembantu, danmenempatkan tenaga medis yang sesuai dengan kebutuhan dapat membuat pelayanan di puskesmaspembantu Desa Lalumpe berjalan dengan baik.Kata Kunci : Tangible, Pelayanan Kesehatan, Masyarakat

Copyrights © 2019