DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 1, No 2 (2019)

Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar Berbasis Pictorial Riddle untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi

Junaidi, Nurhikmah Sasna (Unknown)
Asra, Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

Pendidikan Biologi mempelajari Fisika dasar untuk mempermudah dalam mempelajari dasar-dasar bidang ilmu Biologi yang berkaitan erat dengan Fisika. Learning outcomes yang diharapkan dari Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk perkuliahan Fisika dasar yaitu mahasiswa mampu memahami dan menerapkannya dalam mempelajari bidang keilmuannya yaitu Biologi. Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan pengembangan buku ajar Fisika dasar berbasis pictorial riddle, validitas dan kepraktisan buku ajar. Penelitian menggunakan Model Plomp dengan tiga tahap: Preliminary research, prototyping or development, dan assessment. Populasi penelitian mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Data penelitian berupa kuesioner, angket validasi, kepraktisan, dan efektivitas. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Informasi yang diperoleh pada tahap preliminary research dalam pengembangan buku ajar Fisika dasar berbasis pictorial riddle untuk mahasiswa pendidikan Biologi. Validasi buku ajar dilakukan oleh evaluasi diri dan validasi ahli dengan empat validator dengan nilai 0,92 dikategorikan valid. Kepraktisan pada buku ajar melalui tahap one-to-one, kelompok kecil, dan kelompok besar dengan rata-rata nilai 87,1% untuk respon mahasiswa dan 88,5% untuk respon dosen. Hasil analisis field test pada tahap assessment dikategorikan sangat praktis dengan nilai 92,3%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar Fisika Dasar berbasis pictorial riddle untuk mahasiswa pendidikan Biologi dikategorikan valid dengan nilai 0,92 dan praktis digunakan oleh mahasiswa dan dosen dengan nilai 87,1% dan 88,5% serta hasil field test dengan nilai 92,3%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...