Media Kesehatan Masyarakat Indonesia
Vol. 9 No. 1: MARET 2013

STRATEGI POSITIONING DALAM RANGKA MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN PANGSA PASAR RSIA ST FATIMAH MAKASSAR

Nurbani Bangsawan (Unknown)
Abdul Rahman Kadir (Unknown)
Rasyidin Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2016

Abstract

Positioning RSIA St. Fatimah cenderung untuk pasien rawat inap di bawah program perlindungan sosial daripada pasien rawat inap umum. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang memengaruhi positioning RSIA St. Fatimah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei cross sectional study yang bertujuan untuk mengetahui respon terhadap tujuan penelitian dari responden yang berjumlah 150 pasien. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel independen, yakni strategi layanan dengan nilai p=0,00, strategi promosi dengan nilai p=0,00, strategi harga dengan nilai p=0,00 dan strategi proses dengan nilai p=0,00 berhubungan positif dan signifikan dengan positioning RSIA St. Fatimah Makassar. Strategi promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,46. Strategi harga tidak berpengaruh signifikan dengan nilai p=0,81. Strategi proses berpengaruh signifikan terhadap positioning RSIA St. Fatimah dengan nilai p=0,01 dan besar pengaruh 2,63. Kesimpulannya adalah strategi pelayanan, strategi promosi, strategi harga dan strategi proses yang memengaruhi secara dominan adalah strategi pelayanan.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

mkmi

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Kesehatan Masyarakat Indonesia accepts scientific papers in the form of research reports (original research papers) with a focus on the development of public health issues problems in Indonesia, including the developments and main problems in the field of epidemiology; Health Promotion; ...