Jurnal Pendidikan
Vol 1, No 1 (2010)

ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI PADA SEKOLAH DI KOTA PEKANBARU PROPINSI RIAU

Yenita Roza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi yang mendukung serta hal yangmenjadi kendala proses integrasi program Teknologi Komunikasi dan Informasi di sekolah yang adadikota Pekanbaru. Matapelajaran TIK sejak kurikulum KBK tahun 2004 sudah menjadi matapelajaranwajib mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Tujuan dari pembelajaran ini adalahagar anak memahami perkembangan teknologi serta mengetahui keterbatasannya sehingga dapatmemanfaatkannya secara optimal. Disamping itu siswa juga diharapkan dapat meningkatkankemampuannya dalam matapelajaran lain dengan memanfaatkan TIK. Terdapat 37 sekolah yangdisurvey pada penelitian ini. Dari analisa data ditemukan bahwa 86.5% sudah menyajikanmatapelajaran TIK dan guru sudah menggunakan computer untuk kebutuhan kerjanya. Dalampenelitian ini juga diungkapkan bahwa guru menggunakan beberapa bentuk pendekatan dalammenyajikan matapelajaran TIK. Pendekatan yang dilakukan adalah penyajian kelas, praktek di labcomputer atau kombinasi kedua penyajian kelas dan praktek lab computer. Ketersediaan fasilitascomputer merupakan faktor kunci yang dihadapi guru dalam pembelajaran TIK.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Education

Description

JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah ...