Research Report - Engineering Science
Vol. 2 (2014)

PERANCANGAN ALAT BANTU INTERAKTIF PENUNJANG AKTIVITAS PENDAMPING INSAN PASCA STROKE

Johanna Renny Octavia Hariandja (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)
Robet Maitimo (Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Universitas Katolik Parahyangan, Bandung)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2015

Abstract

Seseorang yang telah mengalami serangan stroke, atau yang biasa disebut InsanPasca Stroke (IPS), umumnya akan memiliki kelainan neurologis sepertiberkurangnya kemampuan motorik anggota tubuh dan otot, kognitif, visual dankoordinasi secara signifikan. Hal ini menyebabkan munculnya ketergantungan insanpasca stroke terhadap orang lain dalam menjalankan aktivitas kehidupannya sehariharinyaakibat berkurangnya atau hilangnya kemandirian dan mobilitas insan pascastroke tersebut. Ketergantungan insan pasca stroke tersebut dapat menyebabkanperubahan yang signifikan dalam hidup keluarga dan pendamping yang merawatnya.Posisi penelitian ini adalah sebagai suatu upaya merancang alat bantu yang interaktifuntuk membantu para pendamping insan pasca stroke beradaptasi dalam aktivitasperawatan harian yang harus dilakukan.Melalui wawancara, survei dan design workshop dengan sejumlah pendamping insanpasca stroke, diharapkan dapat diperoleh identifikasi kebutuhan, konsep desain danprototipe akan suatu alat bantu interaktif penunjang aktivitas pendamping insanpasca stroke yang terevaluasi.  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

rekayasa

Publisher

Subject

Engineering

Description

Research Report - Engineering Science merupakan kumpulan laporan penelitian yang dilakukan oleh para dosen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung dalam bidang rekayasa. Penelitian tersebut didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan. Bidang ...