Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol 16 No 1 (2018): Juni

nurfaizah Surat al-Fatihah dalam Bingkai Pembacaan Mohammed Arkoun

Nur Faizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2018

Abstract

Bidang kajian al-Qur’an selama ini banyak didominasi sarjana filologi dan sejarah. Ini memunculkan kerancuan berkepanjangan antara sejarah teks tersebut dan sejarah penyelamatan, yang secara implisit terkandung di dalamnya. Hal ini perlu dipecahkan, dengan memandang bahwa teks al-Qur’an dan tafsirnya sebagai ungkapan pandangan-pandangan Islam. Mohammed Arkoun menguak kembali esensi wahyu sebagai kalam Allah yang transenden dan wacana wahyu sebagai perwujudan kalam tersebut dalam dataran imanen. Dengan menggunakan linguistik semiotik, sebuah upaya untuk Arkoun berusaha menunjukkan fakta sejarah tentang bahasa al-Qur’an dan kandungannya, untuk mengetahui hidden message yang terdapat dalam Surat al-Fatihah. Terlepas dari Pro dan Kontra, Arkoun berhasil mengetengahkan sudut pandang Islam yang dapat diterima dalam lingkungan ilmiah Barat, dan menarik minat kebanyakan kalangan orientalis untuk mengkaji al-Qur'an. Kata Kunci: Linguistik semiotik, Arkoun, Surat al-Fatihah

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The focus of JIPI Elementary School Teacher Education includes all aspects of scientific discussions about education at madrasah or school, educational innovations, and educational ideas covering: 1) research article, 2) conceptual idea, 3) review of the literature, and 4) practical ...