Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kimia dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan metode eksperimen dan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid, (2) pengaruh tingkat kreativitas siswa terhadap prestasi belajar pada materi pokok sistem koloid, dan (3) interaksi antara pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes untuk prestasi belajar kognitif, metode angket untuk prestasi belajar afektif dan kreativitas, dan observasi untuk prestasi belajar psikomotor. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) terdapat pengaruh metode eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi sistem koloid, (2) terdapat pengaruh kreativitas kategori tinggi dan rendah terhadap terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem koloid, dan (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada materi sistem koloid.
Copyrights © 2016