Department of Naval Architecture
Vol 5, No 1 (2017): Januari

Analisa Bentuk Variasi Propulison Module Pada Sistem Propulsi Azipod (Azimuthing Podded Drive) Berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD)

Rahmat Nurhadi (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Deddy Chrismianto (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)
Good Rindo (Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2017

Abstract

Sistem propulsi adalah salah satu bagian terpenting dari kapal, khususnya yang berhubungan erat dengan kecepatan. Salah satu target optimalisasi yaitu bagaimana mendapatkan kecepatan kapal yang optimum dengan penggunaan daya mesin sekecil mungkin. Kehadiran sistem propulsi Azipod memberikan inovasi baru pada alat penggerak. Yang paling signifikan adalah kemampuannya dalam memerbaiki aliran pada bagian propulsion module. Bentuk propulsion module yang baik akan mengoptimalkan kinerja dari azipod. Maka penentuan parameter geometris perlu didukung oleh penyidikan yang rinci pada kinerja hidrodinamik dari propulsor agar memiliki nilai thrust yang besar dengan besaran nilai power sekecil mungkin. Dalam penelitian ini akan mencari bentuk yang maksimal pada sistem propulsi azipod yang dikeluarkan oleh ABB AzipodĀ® seri VI2300 dengan parameter perubah berupa sudut kemiringan 5o,10o,15o,20o pada bagian Hub serta bagian Tapper dan juga mengunakan perbandingan DPod/Dprop 0,474, 0,536, 0,615 sehingga didapatkan bentuk propulsion module yang optimum dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

naval

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Jurusan Teknik Perkapalan yang berisi artikel karya ilmiah mahasiswa program Sarjana Teknik Perkapalan universitas ...