Pendidikan Tata Niaga
Vol 3, No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BISNIS DAN EKONOMI

ANALISIS DISKRIMINAN PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUASAN SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

-, Dede Rusmana - (Unknown)
-, Sri Wahyuni - (Unknown)
-, Budi Wahyono - (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2017

Abstract

Abstract: Discriminant Analysis On The Effect Of Marketing Mix (7p) On Students? Satisfaction Of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Academic Year 2016/2017. This research aims to explain marketing mix factor (7P) that influence students? satisfaction on the marketing service of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Population in this research were all students of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Academic Year 2016/2017 , level X, XI, and XII. Sampling technique used in this research is probability sampling with a proportional stratified random sampling type. Data analysis used discriminant analysis with significance level 0,05. The results are as follows. Firstly, there is an average difference between the two categories of the students? satisfaction of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar with sig value. 0,000 <0.05. Secondly, the factors that can affect the difference of students? satisfaction to the marketing service mix of SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar are the variable of product, promotion, physical evidence, and people. Thirdly, the discriminant model formed from the four variables is Z score = -7,359 + 0,215 x1 + 0,062 x2 - 0,056 x3 + 0,060 x4, while the accuracy of clarification result from discriminant model is 72,8%. Schools need to pay attention to these four variables to improve students? satisfaction. Abstrak: Analisis Diskriminan Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Kepuasan Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor marketing mix (7P) yang mempengaruhi perbedaan kepuasan siswa terhadap pemasaran jasa pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 yaitu kelas X, XI, dan XII. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan jenis proportional stratified random sampling. Analisis data yang digunakan analisis diskriminan dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, terdapat perbedaan rata-rata antara dua kategori kepuasan siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Kedua,  Faktor yang dapat mempengaruhi perbedaan kepuasan siswa terhadap bauran pemasaran jasa pendidikan SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar adalah variabel product, promotion, physical evidence, dan people. Ketiga, model diskriminan yang terbentuk dari keempat variabel tersebut adalah Z score = -7,359 + 0,215 x1 + 0,062 x2 - 0,056 x3 + 0,060 x4, sedangkan ketepatan hasil klarifikasi dari model diskriminan tersebut adalah 72,8%. Pihak sekolah perlu memperhatikan keempat variabel tersebut untuk meningkatkan kepuasan siswa    

Copyrights © 2017