Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi ( Tersohor Luas dan Berisi )
Vol 1, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Volume 1, Nomor 3, Mei 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DILAKUKAN DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJ

Fawaida, Atina (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS)
Sujadi, Imam (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)
Aryuna, Dyah Ratri (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural Think-Pair-Share (TPS) yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dan mendeskripsikan dampak penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan struktural TPS terhadap ketuntasan belajar siswa. Sumber data penelitian berasal dari hasil observasi aktivitas belajar siswa, hasil observasi proses pembelajaran dan hasil tes akhir siklus siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dari aktivitas belajar siswa dan proses pembelajaran menggunakan teknik triangulasi penyidik. Model pembelajaran kooperatif TPS yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah pada kegiatan inti terdiri dari tiga kegiatan yaitu Think guru menunjuk siswa untuk berpendapat tentang materi yang akan dipelajari dan bertanya apabila terdapat materi yang belum paham, Pair dan Share guru menunjuk pasangan lain untuk bertanya atau menanggapi terkait dengan hasil diskusi. Berdasarkan hasil observasi banyaknya siswa yang mencapai kategori aktivitas belajar siswa tinggi pada pra siklus sebesar 34,375%, siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 12,5% menjadi 46,875% dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 31,25% menjadi 78,125%. Peningkatan aktivitas belajar siswa berdampak positif pada ketuntasan belajar siswa dimana banyaknya siswa yang tuntas pada siklus 1 65,625% dan siklus 2 adalah 81,25%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2017