Jurnal Pendidikan Matematika SoLuSi ( Tersohor Luas dan Berisi )
Vol 1, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, Volume 1, Nomor 3, Mei 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII C SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Perwira, Nurul Yudha (Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNS)
Sujadi, Imam (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)
Chrisnawati, Henny Ekana (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 May 2017

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII C SMP Negeri 16 Surakarta. Sumber data pada penelitian ini adalah lembar observasi dan catatan lapangan dari pembelajaan yang telah dilakukan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data keterlaksaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Indikator keberhasilan motivasi belajar siswa dalam penelitian ini adalah setidaknya rata-rata persentase motivasi belajar siswa mencapai 75% dengan setiap indikator mencapai 70%. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah sebagai berikut: Kegiatan Pendahuluan, melakukan apersepsi dengan menunjuk siswa, memberikan pertanyaan yang memancing rasa ingin tahu siswa, menginformasikan tujuan pembelajaran, memberikan motivasi. Kegiatan inti, membagi siswa ke dalam kelompok yang beranggotakan 4 siswa, membagikan dua LKS pada setiap kelompok, guru menunjuk dua kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan meminta kelompok yang tidak mengirimkan perwakilan untuk memberikan tanggapan, siswa mengerjakan latihan soal. Kegiatan penutup, siswa kembali ke tempat duduk dan kemudian mengerjakan kuis, menyimpulkan pembelajaran, mendorong siswa menemukan aplikasi dari materi yang dipelajari dan memberikan arahan untuk pertemuan selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi, persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus sebesar 52,38%. Pada siklus I rata-ratanya meningkat 19,25% menjadi 71,63% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,02% menjadi 79,65%.

Copyrights © 2017