PARADIGMA
Vol 6, No 02 (2009): Paradigma, Vol.06, No.02 Semester Genap 2009

PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK BARU PRODUGEN PT. TIGA RAKSA SATRIA

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, Eny Kustiyah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2009

Abstract

Bagi perusahaan, pemasaran merupakan salah satu bagian yang pentingbagi suksesnya suatu perusahaan. Kegiatan ini bukan menyangkut penjualan baranghasil produksinya saja, melainkan berhubungan aktivitas yang berhubungan denganarus barang sejak dari produsen sampai konsumen. Salah satu kegiatan pemasarantersebut adalah promosi. Kegiatan promosi itu merebut pasaran denganmemberitahukan dan mengajak kepada Konsumen untuk membeli barang yangdihasilkan perusahaan. Promosi dapat juga digunakan sebagai alat perusahaanuntuk menghadapi persaingan didalam usahanya untuk menaikkan volumepenjualan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel biaya periklanan, biayapersonal selling dan biaya publisitas. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan regresiberganda yang diperoleh menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mempunyaipengaruh positif terhadap volume penjualan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk. Secaraparsial variabel biaya periklanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikanterhadap volume penjualan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk. Hal ini mengindikasikanbahwa jika biaya periklanan dinaikkan Rp. 1,- maka volume penjualan akanmengalami peningkatan sebesar 5,019 . Secara parsial variabel biaya personalselling mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap volume penjualanpada PT. Tigaraksa Satria Tbk. Hal ini mengindikasikan bahwa jika biaya personalselling dinaikkan Rp. 1,- maka volume penjualan akan mengalami peningkatan25,462. Secara parsial variabel biaya publisitas mempunyai pengaruh yang positifdan signifikan terhadap volume penjualan pada PT. Tigaraksa Satria Tbk. Hal inimengindikasikan bahwa jika biaya publisitas dinaikkan Rp. 1,- maka volumepenjualan akan mengalami peningkatan 4,002.Kata Kunci: Promosi, Periklanan, Personal Selling, Publisitas, Volume Penjualan

Copyrights © 2009