PARADIGMA
Vol 5, No 01 (2008): Paradigma, Vol.05 No.01, Semester Ganjil 2008

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ELEKTRONIK PADA PT. ALFA RETAILINDO DI SURAKARTA

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta, Eny Kustiyah, (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2008

Abstract

Untuk merealisasikan tujuan perusahaan, pemasaran merupakan salah satufungsi perusahaan yang mampu memasarkan barang dan jasa yang dihasilkan olehperusahaan tersebut. Untuk kegiatan pemasaran ini pihak manajemen haruslahpeka terhadap tingkah laku konsumen. Karena usaha untuk memasarkan barangdan jasa dengan lancar bukan merupakan suatu kegiatan yang mudah untukdilakukan.Untuk mengantisipasi hal yang semacam itu perlu adanya upaya untukmenarik konsumen guna mendapatkan daya tarik untuk melakukan pembelian, sertamemperoleh suatu keputusan konsumen untuk membeli barang. Dengan demikianperusahaan perlu adanya suatu riset mengenai pendekatan terhadap konsumenmengenai apa-apa yang menjadi kriteria konsumen menjadi mantap dan mempunyaikeinginan untuk melakukan pembelian karena kebutuhan konsumen tidak akanhanya sekali sehingga diharapkan dengan adanya perasaan puas konsumen setelahmelakukan pembelian sebelumnya, sehingga konsumen akan membeli produk yangsama atau yang lain yang ada ditempat atau perusahaan tersebut. Ada beberapa halyang dikemukakan disini mengenai kepuasan konsumen dalam pembelian barangsehingga konsumen memberikan suatu keputusan untuk melakukan pembelian yaitu:faktor harga, dalam teori ekonomi dikemukakan bahwa nilai (value), harga (price)adalah atribut sebuah item yang mempunyai kemampuan untuk memuaskankonsumen. Harga sangat sensitif sekali dala mempengaruhi kepuasan konsumen.Kualitas produk ialah keunggulan atau kelebihan dari suatu macam produkdibandingkan dengan macam produk lainnya. Kualitas yang lebih baik bisanyaharganya lebih mahal dibandingkan dengan yang mempunyai kualitas standar, ataubiasa-biasa saja. Artinya kualitas standar disini ialah produk tersebut memenuhikriteria sedang. Tidak mempunyai kelebihan dibandingkan dengan yang dikatakanberkualitas baik. Sistem pelayanan adalah servis yang diberikan oleh suatukaryawan atau pegawai terhadap konsumen. Pelayanan yang baik, ramah, jujur danteliti merupakan harapan konsumen. Promosi adalah arus informasi atau persuasisatu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepadatindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.Kata kunci: Produk, Harga, Distribusi, Promosi.

Copyrights © 2008