JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 3, No 9 (2014): Vol 3 No. 9 September 2014

ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK OLAHAN KOPI BUBUK ARABIKA (Coffea arabica) DI DESA SAIT BUTTU SARIBU KABUPATEN SIMALUNGUN

Ulima Mandasari Sitorus (Unknown)
Satia Negara Lubis (Unknown)
Tavi Supriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2015

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengolahan kopi arabika, serta menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi produk olahan kopi arabika, dan strategi pengembangannya. Penelitian dilakukan pada kelompok tani simalungun jaya dengan metode sensus. Analisis data dengan menggunakan metode hayami dan analisis swot. Hasil penelitian menunjukkan tahapan pengolahan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Simanja dimulai dari kopi biji arabika kemudian mengalami proses pemecahan kulit tanduk dan selanjutnya diolah menjadi kopi bubuk. Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan kopi bubuk arabika adalah Rp. 206.400/3kg kopi biji, dengan rasio nilai tambah sebesar 68,8% dalam satu kali produksi. Berdasarkan Analisis  SWOT Strategi pengembangan usaha pengolahan kopi bubuk arabika yang dilakukan di daerah penelitian adalah strategi agresif yang terletak pada kuadran I. Strategi Agresif lebih fokus kepada strategi SO (Strengths - Opportunities), yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi SO  (Strengths - Opportunities) yang harus dilakukan adalah: 1) Memperbesar usaha dengan memanfaatkan ketersediaan bahan baku, ketersediaan tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan permintaan pasar yang ada saat ini. 2) Meningkatkan produksi dan penjualan dengan memanfaatkan trend kopi saat ini serta infrastruktur lokasi home industry yang mudah dijangkau sehingga mempermudah konsumen untuk membeli kopi bubuk arabika secara langsung ke lokasi home industry. 3) Meningkatkan kualitas produk dengan memanfaatkan peluang yang ada sehingga meningkatkan nilai yang tambah yang diperoleh. Kata Kunci: Kopi Arabika, Analisis Nilai tambah, Analisis SWOT

Copyrights © 2014