ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan ayam ras pedaging di tingkat konsumen di pasar tradisional Kota Medan dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran ayam ras pedaging di tingkat peternak di pasar tradisional Kota Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan mempergunakan metode Ordinary Least Square (OLS) atau metode kuadrat terkecil dengan alat bantu SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dari sisi permintaan variabel harga ayam ras pedaging, pendapatan rata-rata keluarga/bulan, jumlah tanggungan, dan harga ikan dencis secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ayam ras pedaging di tingkat konsumen di pasar tradisional Kota Medan. Secara parsial variabel harga ayam ras pedaging, pendapatan rata-rata keluarga/bulan, dan jumlah tanggungan berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ayam ras pedaging, sedangkan variabel harga ikan dencis tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah permintaan ayam ras pedaging di tingkat konsumen di pasar tradisional Kota Medan. Dari sisi penawaran variabel harga jual peternak, biaya produksi, dan keuntungan secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah penawaran ayam ras pedaging di tingkat peternak di pasar tradisional Kota Medan. Secara parsial variabel biaya produksi dan keuntungan berpengaruh nyata terhadap jumlah penawaran ayam ras pedaging, sedangkan variabel harga jual peternak tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah penawaran ayam ras pedaging di tingkat peternak di pasar tradisional Kota Medan. Kata Kunci: permintaan, penawaran, ayam ras pedaging, peternak ayam ras pedaging
Copyrights © 2014