JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 5, No 3 (2016): volume 5 no. 3 Maret 2016

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN MINYAK GORENG CURAH DAN KEMASAN DI PASAR TRADISIONAL

Siti Puspa Indah (Unknown)
Meneth Ginting (Unknown)
Hasman Hasyim (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan konsumsi minyak goreng 5 tahun terakhir di Provinsi Sumatera Utara, untuk menganalisis perbedaan antara  umur, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan dan harga minyak goreng jenis curah dengan kemasan, untuk menganalisis pengaruh umur, pendidikan, harga minyak goreng, pendapatan dan jumlah tanggungan terhadap konsumsi minyak goreng curah dengan konsumsi minyak goreng kemasan, untuk mengetahui perbedaan pengaruh umur, pendidikan, harga minyak goreng, pendapatan dan jumlah tanggungan terhadap konsumsi minyak goreng curah dengan konsumsi minyak goreng kemasan, untuk mengetahui alasan konsumen membeli minyak goreng jenis curah dengan kemasan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif, Uji Independen Sampel T Test, Regresi Linear Berganda, , Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perkembangan konsumsi minyak goreng di Provinsi Sumatera Utara cenderung meningkat; ada perbedaan yang nyata antara pendidikan, pendapatan dan harga minyak goreng konsumen minyak goreng curah dan kemasan; umur, pendidikan, pendapatan, jumlah tanggungan dan harga minyak goreng secara serempak berpengaruh nyata terhadap jumlah konsumsi minyak goreng curah maupun kemasan. Pendapatan dan jumlah tanggungan secara parsial berpengaruh nyata terhadap jumlah konsumsi minyak goreng curah maupun kemasan; tidak ada perbedaan pengaruh yang nyata antara konsumen minyak goreng curah dengan kemasan; alasan utama konsumen membeli minyak goreng curah karena kebutuhan sehari-hari, harga dan sesuai dengan pendapatan, sedangkan konsumen membeli minyak goreng kemasan karena kebutuhan sehari-hari, kualitasnya dan sesuai dengan pendapatan.   Kata Kunci :    Minyak Goreng Curah, Minyak Goreng Kemasan, Analisis Regresi Linear Berganda

Copyrights © 2016