JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
Vol 8, No 2 (2017): Volume 8. No. 2 Agustus 2017

STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI DODOL RASA BUAH (Studi Kasus: Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai)

Muhammad Ardi (Unknown)
Iskandarini Iskandarini (Unknown)
Emalisa Emalisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2018

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman agroindustri dodol rasa buah serta menentukan strategi pemasaran agroindustri dodol rasa buah di Desa Bengkel, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Berdagai. Metode penelitian ini dilakukan secara purposive (sengaja). Metode penentuan jumlah sampel digunakan metode sensus sebanyak 20 sampel pedagang dodol. Jenis  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan dalam pemasaran dodol rasa buah yaitu ukuran yang sesuai pasar, warna dodol yang bervariasi, variasi rasa yang beragam, letak pasar yang strategis, harga dodol yang terjangkau, dan kenyamanan produksi yang baik. Kelemahan dalam pemasaran dodol rasa buah yaitu ketahanan dodol yang kurang baik, jumlah produksi yang sedikit, dan promosi dodol yang sangat tidak luas; Peluang dalam pemasaran dodol rasa buah yaitu permintaan dodol rasa buah yang stabil, daya beli masyarakat yang baik, selera masyarakat yang baik, kebijakan pemerintah yang mendukung, dan rendahnya biaya retribusi; Ancaman dalam pemasaran dodol rasa buah yaitu jumlah pesaing yang mempengaruhi, jumlah saluran distribusi yang sedikit, infrastruktur yang tidak baik, musim yang tidak mendukung, dan biaya produksi yang tinggi; Strategi  pemasaran usaha dodol rasa buah di Desa Bengkel, yang paling tepat  yaitu strategi agresif.   Kata Kunci :Dodol, Strategi pemasaran, faktor internal-ekstenal

Copyrights © 2017