Jurnal Teknik ITS
Vol 6, No 2 (2017)

Pemetaan Lahan Pertanian Terdampak Kekeringan Berbasis Citra Satelit Landsat-8 dengan Metode Temperature Vegetation Dryness Index (TVDI) pada Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Wibisana, Maulana Ikram (Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Susetyo, Cahyono (Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2017

Abstract

Kekeringan merupakan bencana yang terjadi dikarenakan perubahan iklim dan sulit untuk diprediksi. Kekeringan dapat di mitigasi dengan cara memberikan sebuah gambaran dimana saja kawasan yang berpotensi mengalami kekeringan, sehingga dapat dilakukan aksi pencegahan untuk meminimalisir kerugian. Kawasan yang dipilih pada penelitian ini adalah Kabupaten Lamongan. Adapun dicantumkan pada peta indeks resiko bencana oleh BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) tahun 2013 di ketahui bahwa Kabupaten lamongan mempunyai resiko tinggi terhadap bencana kekeringan. Deteksi wilayah kekeringan pada penelitian ini akan menggunakan metode remote sensing dimana akan dihasilkan indeks TVDI,  penentuan tingkat kekeringan dengan menggunakan data dasar remote sensing. TVDI dapat dihasilkan melalui pembentukan hubungan segitiga antara NDVI dan LST. Hasil yang di dapatkan diketahui bahwa kawasan kabupaten lamongan terdiri dari 3 tingkat kekeringan, normal hingga sangat tinggi. Lahan pertanian kabupaten lamongan 62.285 ha berpotensi kekeringan sedang, dan 34.796 ha berpotensi kekeringan yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui juga bahwa terdapat 5 kecamatan yang tergolong paling rawan terhadap kekeringan. Antara lain adalah Kecamatan Kembangbahu, Kecamatan Mantup, Kecamatan Ngimbang, Kecamatan Sugio dan Kecamatan Tikung.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

teknik

Publisher

Subject

Engineering

Description

Jurnal Teknik ITS merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi mahasiswa ITS yang hendak mempublikasikan hasil Tugas Akhir-nya dalam bentuk studi literatur, penelitian, dan pengembangan teknologi. Jurnal ini pertama kali terbit pada September 2012, dimana setiap tahunnya diterbitkan 1 ...