Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 2 (2019)

Analisis Deskriptif dan Perilaku Konsumen Bar Chocolate di Yogyakarta

Iman Sabarisman (Universitas Gadjah Mada)
Anjar Kistia Purwaditya (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Indonesia tercatat sebagai satu-satunya negara Asia penghasil kakao terbesar. Namun, dalam hal konsumsi cokelat, Indonesia memiliki tingkat konsumsi yang masih rendah. Produsen cokelat perlu memahami karakteristik konsumen agar diperoleh penjualan yang tepat sasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik demografi dan psikrografi dari konsumen cokelat batang yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode Crosstabs Analysis dan Chi Square Test. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner online oleh responden. Responden diperoleh dengan metode non probability sampling. Hasil penelitian ini adalah karakteristik demografi meliputi jenis kelamin (72,5% perempuan), usia (82,6% berusia 16-25 tahun), pendidikan terakhir (66,1% SMA/sederajat), dan penghasilan/uang saku per bulan (55,05% di bawah Rp 1.000.000,00). Sedangkan karakteristik psikografi dan perilaku konsumen meliputi frekuensi konsumsi (65,1% jarang mengkonsumsi cokelat), jenis cokelat batang yang disukai (37,6% milk chocolate), dan bentuk cokelat batang yang diinginkan (54,1% cokelat batang berbentuk blok).

Copyrights © 2019