Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 2, No 2 (2013)

Inhibisi Korosi Baja SS 304 dalam Media 1 M H2SO4 oleh Kinina dengan Penambahan 1 mM Natrium sitrat

Tamtsilia Nabila Sulfi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 Indonesia)
Harmami Harmami (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rahman Hakim, Surabaya 60111 Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2013

Abstract

Kemampuan kinina sebagai inhibitor korosi baja SS 304 dengan dan tanpa penambahan 1 mM natrium sitrat dalam media 1 M H2SO4 telah dikaji dengan metode Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS). Adanya perubahan peremeter EIS (hambatan polarisasi , Rp dan Unsuf fase konstan, CPEd) mengindikasikan adanya adsorpsi kinina pada permukaan baja membentuk lapisan film protektif. Efisiensi inhibisi yang dihasilkan meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi kinina, dengan inhibisi tertinggi pada konsentrasi 500 mg/L. Penambahan 1 mM natrium sitrat ke dalam larutan uji menyebabkan efisiensi inhibisi menurun dan laju korosi baja SS 304 meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa kinina tidak memiliki efek sinergis jika dicampurkan dengan 1 mM natrium sitrat

Copyrights © 2013