Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 2 (2019)

Synthesis, Characterization, and Performance of TiO2-N as Filler in Polyethersulfone Membranes for Laundry Waste Treatment

Alvin Romadhoni Putra Hidayat (Department of Chemistry, Faculty of Science, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Vina Rizky Andina (Department of Chemistry, Faculty of Science, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Ahnaf Ahnaf (Department of Chemistry, Faculty of Science, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Nurul Widiastuti (Department of Chemistry, Faculty of Science, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)
Rendy Muhamad Iqbal (Department of Chemistry, Faculty of Mathematic and Natural Science, Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Sintesis TiO2-N telah dilakukan dengan metode sol gel. Pada hasil karakterisasi XRD doping TiO2 tidak dapat menghancurkan struktur anatase karena difraktogram TiO2-N mewakili puncak yang serupa dengan TiO2. Intensitas puncak spektra FTIR yang kuat berasal dari gugus hidroksil dalam N-TiO2, dibandingkan dengan TiO2 tanpa doping. Dari hasil pengolahan data hasil karakterisasi UV-DRS didapatkan nilai energi bandgap TiO2 3,33 eV, sedangkan pada fotokatalis TiO2-N energi band gap yang dihasilkan yaitu 3,08 eV. Hasil BET menyebutkan TiO2 memiliki luas permukaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan TiO2-N. Pada penelitian ini, hasil nilai fluks air murni dan fluks limbah laundry yang paling tinggi terdapat pada membran PES/PEG/TiO2-N yaitu 116,91 L/m2jam pada 2 menit pertama untuk fluks air murni dan 98,636 L/m2jam pada 2 menit pertama untuk fluks limbah dan rejeksi yang dihasilkan mencapai 84,328% untuk nilai penurunan COD dan 82,75% untuk nilai penurunan BOD sehingga penambahan TiO2-N pada membran dapat meningkatkan kinerja membran saat ultrafiltrasi.

Copyrights © 2019