Jurnal Sains dan Seni ITS
Vol 8, No 2 (2019)

Perancangan Buku Cerita Digital Interaktif Punakawan sebagai Media Edukasi Pendidikan Karakter untuk Anak SD Usia 7-11 Tahun

Sofyana Kharisma Wulandari (Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
Rabendra Yudistira Alamin (Departemen Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh Nopember)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2020

Abstract

Nilai-nilai yang ada di dalam pendidikan karakter dapat dijadikan sebuah pondasi bagi anak dalam berkehidupan sehari-hari sebagai bentuk tindakan preventif untuk anak. Perlu adanya media yang saat ini dekat dengan anak, yaitu media digital. Penyajian nilai-nilai tersebut berupa cerita-cerita keseharian. Pada media tersebut dapat mengangkat Punakawan sebagai tokoh-tokoh utamanya, yang terdiri dari Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong. Keempat tokoh tersebut dapat membawa pesan nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan sifat-sifat yang mereka miliki. Adapun teori yang dijadikan acuan adalah teori Nilai Pendidikan Karakter menurut Kemendiknas tahun 2013. Target pengguna pada perancangan media tersebut adalah anak-anak usia 7-11 tahun karena pada rentang usia tersebut anak-anak sudah memiliki kemampuan berpikir secara logis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif serta kuantitatif data primer dan data sekunder. Pengaplikasian metode kualitatif, yaitu saat mengumpulkan data lapangan melalui kegiatan depth interview kepada para ahli. Depth interview dilakukan sebelum melakukan studi eksperimen dan sesudah melakukan studi eksperimen. Studi eksperimen dilakukan kepada para ahli. Studi eksperimen menghasilkan revisi dan evaluasi. Selanjutnya akan dilakukan user testing kepada target pengguna. Hasil dari perancangan ini adalah buku cerita digital interaktif dengan konten cerita pendidikan karakter dengan tokoh-tokoh Punakawan sebagai tokoh utamanya. Terdapat empat chapter cerita. Setiap chapter ceritanya membawa nilai pendidikan karakter dari setiap tokohnya.

Copyrights © 2019