Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Vol 8, No 2 (2016): Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Aktivitas Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning

Rumadani Sagala (IAIN RADEN INTAN LAMPUNG)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2020

Abstract

Tulisan ini berbicara tentang Faktor-Faktor Dari Penyebab Rendahnya Aktivitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII MTs Nurul Falah Bukit Kemuning, dengan fokus persoalan apa faktor-faktor penyebab rendahnya aktivitas peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas VII di MTs Nurul Falah Bukit Kemuning?. Selanjutnyametodepenelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu).Sementaraalatpengumpul data terkaitdenganpenelitianiniadalah interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam pengambilan kesimpulan menggunakan pendekatan berfikir induktif yaitu pemikiran yang berangkat dari fakta atau peristiwa khusus, kemudian dari fakta-fakta yang khusus dimaksud, ditarik generalisasi yang memiliki sifat umum.Mengacu padastatemen di atas, maka temuan yang dihasilkan menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya aktivitas belajar bahasa arab peserta didikĀ  kelas VII MTs Nurul Falah Bukit Kemuning adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari indikasi yaitu tidak menjaga kesehatan, aktivitas belajar menjadi terganggu sehingga mengakibatkan tidak bergairah untuk mengikuti kegiatan belajar, minat dan motivasi yang rendah sangat mempengaruhi keinginan peserta didik dalam mengikuti aktivitas belajar bahasa arab cara belajar yang salah tidak memperhatikan waktu belajar dan tidak menggunakan teknik belajarĀ  yang baik sehingga hasil belajarpun kurang memuaskan. Sedangkan faktor eksternal dapat dilihat dari indikasi yaitu letak sekolah yang tidak strategis dan kondusif, metode mengajar guru yang kurang memuaskan, kemampuan guru dalam mengajar, kurangnya penegakan disiplin sekolah, kurangnya penggunaan alat pelajaran, kurangnya penempatan waktu belajar disekolah dikarenakan keadaan gedung sekolah yang kurang memadai.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

albayan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab published twice a year since 2010 (June and December). Since 2017 this journal began in the online, is a multilingual (Indonesia, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education. This journal is published by the ...