Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol 2, No 02 (2018)

IBM APLIKASI LEAN PRODUCTION DAN ELECTRONIC TELESHOPING PADA BISNIS YOGHURT

Rumijati, Aniek (Unknown)
Suprapti, Eny (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2018

Abstract

Perusahaan mitra (Rumah Yoghurt dan Pure Yoghurt) merupakan perusahaan kecil yang ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yoghurt serta memperluas pangsa pasar tidak hanya di kota Batu dan kabupaten Malang saja tetapi dapat lebih luas sampai Malang Raya atau Jawa Timur. Kendala yang dihadapi saat ini adalah proses produksi dilakukan pada ruang yang kurang steril (agak terbuka) dan proses pengemasan produk masih manual sehingga perlu waktu pengemasan yang agak lama. Kedua hal tersebut sangat mempengaruhi terhadap kualitas produk yoghurt. Tingkat kerusakan produk dapat diatasi dengan melakukan proses produksi dengan menggunakan konsep lean production. Di bidang pemasaran, perusahaan masih mengandalkan direct marketing dengan cara bertemu langsung ?face to face? dengan pelanggan, dan menyebar brosur. Cara ini akan lebih efektif jika ditambah media promosi secara online atau electronoic teleshopping dengan menggunakan situs web perusahaan atau blog perusahaan sebagai ajang promosi yang murah dengan jangkauan pangsa pasar yang sangat luas. Untuk itu IbM ini bertujuan membantu mitra untuk : (1) menghasilkan produk yoghurt dengan kualitas yang lebih baik dan tingkat produktivitas yang tingg dan (2) membantu dalam pemasaran produk. Hasil yang dicapai dari program pengabdian masyarakat ini adalah: (1) Pemahaman tentang lean production ; (2)  Motivasi bisnis yang meningkat; (3)Pemasangan AC dan Cup Sealer pada mitra; (4) Pembuatan blog  perusahaan; (5)  Penguatan pada bagian pemasaran melalui :  jaringan kerjasama yang lebih luas , perubahan desain logo yang lebih menarik, menambah varian rasa dan adanya diversifikasi produk

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...