Jurnal Komunikasi
Vol 11, No 2 (2017): September

AIMI JATIM : MOTHERHOOD PHILANTHROPY DALAM ERA BUDAYA DIGITAL

Yuliana Rakhmawati (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2017

Abstract

ABSTRAKPerkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi (ICTs) melahirkan formasi sosial dalam bentuk budaya digital. Bentuk komunikasi yang lahir dari era ini merujuk pada model CMC (computermediated communication). Gangguan komunikasi yang selama ini hadir karena adanya perbedaangeografis dan praktis budaya serta afiliasi ekonomi, politik dan sosial dapat diatasi dengan pertemuanpertemuandalam forum-forum virtual. Bentukruang masyarakat tanpa sekat ini–sering disebut dengan cyber space- melahirkan bentuk, model dan komunikasi yang idiosinkratik ala komunitas internet. Penggunaan ruang-ruang digital tersebut dimanfaatkan dalam berbagai dimensi seperti ekonomi (cyber marketing), politik (cyber campaign) pun dalam aktivitas sosial dan kedermawanan (filantropi).Salah satu kegiatan kedermawanan yang dilakukan oleh para perempuan (motherhood philanthrophy)diinisiasikan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Copyrights © 2017