Dunia pendidikan saat ini berkembang sangat pesat, dimana suatu lembaga akan berhasil apabila didukung oleh teknologi informasi. Namun dukungan dari teknologi informasi saja tidak cukup, maka dari itu diperlukan tenaga ahli dan hal terpenting adalah komitmen manajemen untuk menjalin relasi dengan baik. Customer Relationship Management merupakan model menajemen yang dibutuhkan di STKIP Muhammadiyah Kuningan untuk menjalin hubungan yang baik antara lembaga dengan orangtua mahasiswa sehingga mampu meningkatkan kepuasan pelayanan orangtua. Salah satu permasalahan yang ada saat ini adalah penanganan keluhan orangtua yang belum maksimal dikarenakan tidak adanya manajemen keluhan yang baik. Adapun pada penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan model Customer Relationship Management. Dengan demikian Customer Relationship Management berbasis website ini mampu menjadi solusi untuk meningkatkan pelayanan kepada orangtua mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Kuningan.Kata Kunci: CRM, Website, UML, SWOT
Copyrights © 2020