Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 7, No 3 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KENDARI

Wa Tati Wa Tati (Universitas Halu Oleo)
Zamsir Zamsir (Universitas Halu Oleo)
Saleh Saleh (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari. Populasi dalam penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri1 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 terdistribusi dalam 9 kelas.Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VIIIĀ­4 sebagai kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Writedan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaranProblem Based Learning. Desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan tidak terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...