Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2020): Februari

PERKEMBANGAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH

Riska . Ochtoviana (Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini Angkatan 2015, FKIP Universitas Syiah Kuala)
Fakhriah . . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmi . . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2020

Abstract

Perilaku prososial ialah tindakan sukarela yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan apapun. Perilaku prososial terdiri dari bermain dengan teman sebaya, bekerja sama, dan menolong. Salah satu cara untuk dapat mengembangkan perilaku prososial adalah dengan metode bermain peran makro. Bermain peran makro adalah bermain dengan memerankan suatu tokoh tertentu yang menggunakan alat berukuran seperti sesungguhnya untuk memerankan peran apa yang dipilihnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan perilaku prososial anak usia dini dengan metode bermain peran makro di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan perilaku prososial anak usia dini dengan metode bermain peran makro di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Subjek penelitian ini berjumlah 8 orang anak berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan unjuk kerja. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pada pertemuan ketiga perilaku prososial anak berkembang yaitu anak bermain dengan teman sebaya, bekerja sama dan menolong. Dengan demikian perilaku prososial anak usia dini usia 5-6 tahun di TK IT Mon Kuta Banda Aceh dapat berkembang dengan metode bermain peran makro.Kata Kunci: Perilaku Prososial, Bermain Peran Makro, Anak Usia Dini.

Copyrights © 2020