JADECS (Journal of Art, Design, Art Education and Culture Studies)
Vol 4, No 2 (2019)

EKSOTISME ARSITEKTUR BANGUNAN BELANDA DAN ARSITEKTUR BANGUNAN JAWA TERHADAP PENERAPAN TEKNIK TIMELAPSE VIDEO (TINJAUAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA KOTA SURAKARTA)

Rudy Wicaksono Herlambang (Universitas Sebelas Maret)
Diana Lukitasari (Universitas Sebelas Maret)
IGN Tri Marutama (Universitas Sebelas Maret)
Galih Pranata (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai bentuk daya tarik antara bangunan cagar budaya peninggalan Belanda dengan bangunan Jawa di Kota Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi eksotisme yang dihadirkan melalui dua bentuk bangunan yang berbeda, yakni bangunan Belanda dan bangunan Jawa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi branding melalui video timelapse memberikan daya tarik tersendiri sebagai media kebaharuan dalam dunia promosi era digital. Pada bangunan Belanda Surakarta seperti halnya Benteng Vastenburg, menyimpan sisi elegan dan kekokohan pada bangunan, sedangkan pada arsitektur bangunan Jawa pada bangunan Keraton Surakarta terdapat unsur falsafah sebagai simbol pusat peradaban Jawa di Surakarta.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dart

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

JADECS (Journal of Arts, Design, Art Education and Culture Studies) contains scientific articles of research, conceptual ideas, assessment, creation, learning, related to art, design, multimedia, and culture. The published articles prioritize the analysis of the results of the research, including: ...