Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 5, No 1: JANUARI 2020

Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Esai dan Cerita Pendek untuk Santri

Dyah Ayu Fitriana (Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang)
Sulton Sulton (Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang)
Agus Wedi (Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2020

Abstract

Abstract: This research aims to develop writing skill essay and short story learning materials for santri with integrate project based learning models. Using ADDIE models, this research produce a learning materials with four part. Project based learning is integrated on the part called “Proyek Keren Kita” (Our Cool Project). This product verified to materials expert, learning media expert, and audience. Based on the verification and test obtained percentage of eligibility aspect is 93,75%, feasibility aspects 100%, graphics aspects 99,3%, language aspects 100%, interestness of teaching materials 85,28%, and ease of understanding aspects 86,82% that means the producs are feasible to be used and disseminated.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar keterampilan menulis esai dan cerita pendek untuk santri yang berbasis project based learning. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ADDIE. Secara umum bahan ajar yang dihasilkan terdiri dari empat bagian. Metode project based learning diintegrasikan ke dalam bahan ajar secara langsung dalam aktivitas yang diberi nama “Proyek Keren Kita”. Produk tersebut selanjutnya diujicobakan kepada ahli materi, ahli media dan pengguna/santri. Berdasarkan uji coba tersebut diperoleh persentase aspek kelayakan isi sebesar 93,75%, aspek kelayakan penyajian 100%, aspek kegrafikan 99,3%, aspek kebahasaan 100%, aspek kemenarikan bahan ajar 85,28% dan aspek kemudahan pemahaman bahan ajar 86,82% yang berarti bahan ajar ini layak untuk digunakan dan disebarluaskan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...