Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang membekalkan kemampuan prediksi dengan metode ARIMA dan kemampuan berargumentasi pada topik Bencana Alam. LKM diterapkan pada calon guru fisika agar dapat memahami dan meringankan bencana alam sehingga memungkinkan untuk mengatasi kesulitan dan bencana bagi siswa SMP dan SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan keterlibatan 5 validator ahli dan diujicobakan pada 33 mahasiswa fisika yang telah mengampu matakuliah Fisika Kebumian dan IPBA. Data diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, Jawaban LKM dan lembar respons Mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data berdasarkan 5 validator ahli LKM yang dikembangkan sangat layak digunakan dan nilai rata-rata hasil pengerjaan LKM yang dilakukan oleh siswa di atas 75 yang berarti LKM layak digunakan. Selain itu, 80% mahasiswa sangat menyukai LKM yang digunakan.Kata kunci: Adaptasi dan mitigasi bencana, Kemampuan prediksi, Argumentasi
Copyrights © 2020