J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)
Vol 4, No 2 (2019): J-PEK (JURNAL PEMBELAJARAN KIMIA)

PENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CHEMOENTREPREUNERSHIP TERHADAP MINAT WIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Heni Mulyani Pohan (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Ainun Mardiyah Lubis (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Era globalisasi menuntut mahasiswa untuk memiliki jiwa kewirausahaan sehingga dengan kemampuan kreativitas, inovasi, kepemimpinan, dan manajerial mampu mendaya gunakan pengetahuannya. Konsep-konsep yang dipelajari pada mata kuliah Praktikum Kimia sangat dekat dengan kehidupan dunia mahasiswa. Perlu dikembangkan buku penuntun Praktikum Kimia yang dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas, inovasi dan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Salah satunya melalui pengembangan buku penuntun berbasis chemoentrepreunership (CEP).  Pendekatan CEP mengandung nilai-nilai seperti mengejar peluang, melakukan pembaruan berani mengambil resiko, berani berbeda, menarik perhatian, dan pro pertumbuhan agar mahasiswa menjadi sosok yang logis, kreatif, perspektif ke depan dan berorientasi hasil. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui pengembangan buku penuntun kimia berbasis chemoentrepreunership. 2) Untuk mengetahui uji kelayakan buku penuntun kimia berbasis chemoentrepreunership sudah sesuai standart BSNP. Pengembangan menggunakan pendekatan Research and Development yang dimodifikasi dari model Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket minat wirausaha mahasiswa. Penilaian dosen terhadap produk menghasilkan rata-rata skor 3,6 dengan kategori valid,  sedangkan minat mahasiswa terhadap wirausaha sebelum dan setelah menggunakan produk mengalami peningkatan dari rata-rata skor 32 menjadi 59. Hal ini juga menunjukkan bahwa buku penuntun praktikum kimia berbasis CEP yang dikembangkan termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa kimia di UMTS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

j-pek

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

J-PEK, Jurnal Pembelajaran Kimia (e-issn: 2579-5945; p-issn: 2528-6536) is published by Chemistry Department, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. The publishing frequency of the journal is two issues per year (June and December) and it welcomes articles (in English or in the Indonesian ...