Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar menulis makalah dan esai; (2) merancang buku teks yang sesuai dengan analisis kebutuhan mahasiswa pada bahan ajar menulis makalah dan esai., (3) mendeskripsikan buku teks membaca II hasil pengembangan di semester II., (4) mendeskripsikan validitas buku teks menulis makalah dan esai di semester II., (5) mendeskripsikan pengaruh potensial buku teks menulis makalah dan esai di semester II terhadap hasil belajar. Model pembelajaran yang dikembangkan adalah buku teks bahan ajar menulis makalah dan esai untuk mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Dick Carey and Carey. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester II Prodi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah di Universitas Baturaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe bahan ajar menulis makalah dan esai sangat eefektif digunakan. Prototipe pembelajaran meliputi materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian menulis makalah dan esai.
Copyrights © 2019