Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 5, No 2 (2019): November

Penerapan Metode Field Trip dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Tunarungu

Furi Fuziana Wati (Universitas Negeri Malang)
M Shodiq AM (Universitas Negeri Malang)
Henry Praherdhiono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi, meningkatkan kemampuan dalam menulis karangan dekripsi sesuai dengan penyusunan Subjek, Predikat, Objektif dan Keterangan  pada siswa tunarungu di SMPLB-B YPTB Malang.  Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain penelitian one-group-pretestposttest-design. Sampel dari penelitian ini 10 siswa SMPLB-B YPTB Malang dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan metode field trip dalam menulis karangan deskripsi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan dengan prnggunaan metode konvensional. 

Copyrights © 2019