Membaca pemahaman adalah salah satu aspek berbahasa yang sangat penting dikuasai oleh siswa tunagrahita ringan. Membaca pemahaman lebih difokuskan pada keterampilan menguasai dan memahami isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman siswa akan terlihat jika dikaitkan dengan penguasaan jenis teks bacaan tertentu, salah satunya adalah jenis teks eksposisi. Untuk dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dapat digunakan suatu strategi pembelajaran yaitu Think-Talk-Write(TTW). Tujuan dalam peneilitian ini adalah mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa tunagrahita ringan sebelum dan sesudah diberikan strategi Think-Talk-Write(TTW) serta mengetahui pengaruh penerapan strategi Think-Talk-Write(TTW) terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa tunagrahita ringan kelas VII di SMPLB Negeri Malang. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan design time series design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh saat pre-test sebesar 43, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 74. Berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write(TTW) memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi pada siswa tunagrahita ringan.
Copyrights © 2019