Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2016)

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bakat Mekanik Terhadap Hasil Belajar Praktik Teknik Otomotif Di SMK

Suyanto Suyanto (Pascasarjana Universitas Negeri Malang Email: yantotgl@yahoo.com)
Nyoman Sudana Degeng (Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Punaji Setyosari (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Waras Kamdi (Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menguji signifikansi perbedaan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik antara siswa dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran langsung, perbedaan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik antara siswa yang bakat mekanik tinggi dan bakat mekanik rendah, interaksi strategi pembelajaran dan bakat mekanik dalam perolehan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan rancangan Faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual lebih unggul dibanding strategi pembelajaran langsung, siswa berbakat mekanik tinggi lebih unggul dibanding siswa berbakat mekanik rendah, tidak ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan bakat mekanik pada hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik.Abstract: The purpose of this study was to examine the significance of differences in learning outcomes in understanding psychomotor concepts and skills between students and contextual learning strategies and direct learning strategies, differences in learning outcomes in understanding concepts and psychomotor skills between students with high mechanical talent and low mechanical talent, interaction learning strategies and mechanical talent in the acquisition of learning outcomes understanding concepts and psychomotor skills. This study uses a Factorial 2 x 2 design. The results of this study indicate that contextual learning strategies are superior to direct learning strategies, high mechanical gifted students are superior to low mechanical gifted students, there is no significant interaction between learning strategies and mechanical talent in learning outcomes understanding of concepts and psychomotor skills.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jinotep

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational ...