Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran (JINOTEP) Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2019)

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)

Ahyar Ahyar (Universitas Negeri Malang)
Sihkabuden Sihkabuden (Universitas Negeri Malang)
Yerry Soepriyanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian    ini    bertujuan    untuk mendeskripsikan    tentang    jalanya    proses pembelajaran  pada  mata  pelajaran  Pendidikan  Pancasila  dan  Kewarganegaraan (PPKn)    yang  dirancang  dengan  model  pembelajaran Problem  Based  Learning(PBL) dan dampaknya  terhadap  kemampuan  pebelajar  dalam  memecahkan masalah.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif.  Teknik  pengumpulan data  yang digunakan  yakni observasi,  wawancara  tidak terstruktur, dokumentasi dan tes kemampuan pemecahan masalah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  Implementasi  model  pembelajaran  PBL  pada  mata pelajaran PPKn  di  kelas VII F SMPN 13 Malang  mampu menciptakan lingkungan belajar kondusif yang ditandaidengan tingginya motivasi dan antuasias pebelajar selama pembelajaran berlangsung.  (2)  Secara  klasikal  kemampuan    pebelajar  kelas  VII FSMPN  13 Malang dalam  memecahkan  masalah  setelah  mengikuti  proses  pembelajaran dengan model PBL termasuk dalam kualifikasi Baik.Abstract: This research aimed to describe the learning process on Civics and Citizenship Education (PPKn) subject using Problem-Based Learning model and its effect on the learner’s problem-solving skills.  The research used descriptive research method. The technique of data collection was an observation unstructured interview, documentation, and problem-solving skills test.  The research decided that:  (1) The implementation of Problem-Based Learning model on Civics and Citizenship Education (PPKn) subject to learners in VII F class, SMPN 13 Malang, is able to create a conducive learning environment characterized by learners’  high motivation and enthusiasm during the learning process.  (2)  Classically,  the learners’ problem-solving skill in VII F class, SMPN 13 Malang, after being involved in the learning process using the PBL model is qualified as good.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jinotep

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran is a journal in the field of educational technology that contains literature review, action research, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational ...